Harga Kayu 2020 – Saat ini, penggunaan kayu memang sangat umum ditemukan. Mulai dari pembuatan furniture hingga rumah, penggunaannya bisa dengan mudah ditemukan. Tidak heran jika para pengrajin barang dari kayu ini menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati. Bicara soal kayu, tentu saja ada berbagai macam kayu yang biasa digunakan untuk membuat berbagai furniture atau mungkin untuk membangun rumah. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kayu, berikut jenis kayu, kualitasnya dan harga kayu yang dapat anda lihat di bawah ini.

Harga Kayu, Jenis dan Kualitas Terbaru 2020
Harga Kayu, Jenis dan Kualitas Terbaru 2020

Jenis Kayu dan Kualitasnya

  1. Kayu Jati

Kayu pertama yang cukup banyak diminati adalah kayu jati. Seperti yang kita tahu bahwa kayu ini sangat terkenal sebab memiliki keawetan yang baik. Bukan hanya itu saja, penampilan kayu ini juga elegan dan eksotis. Ada beberapa macam grade untuk kayu jati yang mana grade A adalah yang memiliki kualitas terbaik karena keras serta tahan air. Kayu ini pun taham terhadap rayap, jamur, keretakan hingga kebusukan. Untuk tingkat kekerasannya, kayu jati yang tidak berbau ini di nomor 3 dari skala 5. Oleh sebab itu, kayu tersebut biasa digunakan untuk lantai rumah, mebel, jendela atau pintu. Harga dari kayu jati jelaslah sangat mahal.

  1. Kayu Mahoni

Selain kayu jati, ada pula kayu mahoni yang tidak kalah kualitasnya. Inilah salah satu kayu terbaik dan biasanya digunakan untuk pembuatan mebel atau furniture. Memiliki warna coklat kemerahan, kayu ini akan sangat pas untuk carving sebab finishingnya bagus. Bicara soal keawetan, kayu ini cukup awet dan tingkay kekerasan 2 dari skala 5, lebih rendah dari kayu jati. Untuk aromanya sendiri tidaklah berbau. Sama seperti jati, mahoni pun dibanderol dengan harga yang mahal.

  1. Kayu Akasia

Jenis kayu lain yang cukup banyak digunakan yaitu akasia. Kayu ini memiliki serat dan warna yang cukup mirip dengan kayu jati sehingga cukup banyak orang yang inginkan kayu jati dengan harga lebih rendah memilih kayu akasia. Meskipun ketahana dan juga keawetannya berada di bawah kayu jati, tapi akasia sering digunakan untuk pembuatan berbagai macam furniture. Tingkat keawetan dari kayu akasia sendiri awrt hanya saja akan mudah berjamur atau terserang serangga jika diletakkan di area yang lembab atau basah. Tingkat kekerasannya ialah 4 dari skala 5. Dengan aroma atau bau mirip seperti air urin, kayu ini cukuplah ekonomis.

  1. Hard Maple

Kayu lain yang juga banyak dipilih adalah hard maple. Untuk kayu yang satu ini, penggunaannya lebih banyak pada bagian luarnya daripada dalam. Warna luar kayu ini adalah putih atau krem. Sedangkan warna bagian dalamnya ialah coklat kemerahan. Kebanyakan, hard maple digunakan untuk lantai dan furniture. Soal tingkat kekerasannya, hard maple ada di tingkat tertinggi yaitu 5. Namun, kayu yang tidak berbau ini kurang awet.

  1. Kayu Ek (Oak)

Kayu ek atau kayu oak juga bisa menjadi jenis kayu yang cukup sering digunakan. Memiliki warna coklat kemerahan yang terang, harga kayu ek termasuk dalam kayu ekonomis. Tingkat kekerasan hingga skala 4 membuat kayu tersebut cukup keras, berat, kuat, tidak menyerap kelembaban dan finishing yang baik. Aroma dari kayu ini tidaklah berbau.

  1. Walnut

Kayu walnut menjadi kayu lain yang bisa dibilang cukup mahal. Walnut memang memiliki sifat yang cukup keras, awet, kuat tapi tidak begitu berat. Keunggulan lainnya ialah tidak akam menyusut atau melengkung. Sangat cocok digunakan untuk berbagai macam finishing. Tingkat kekerasannya ialah 4 dari skala 5 dan kayu ini tidak berbau.

Daftar Harga Kayu

Mengenai harga jenis kayu diatas, ada ulasannya yaitu sebagai berikut.

Kayu Jati

Harganya sangat mahal bahkan bisa mencapai Rp 15.000.000,- per m3.

Kayu Mahoni

Untuk ukuran 10 hingga 59cm, harganya dimulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 1.700.000,-

Kayu Akasia

Dari data di Kementrian Perdagangan, per ton dari kayu akasia dijual sekitar Rp 792.000,- hingga 2.445.000,-.

Kayu Hard Maple

Sedangkan untuk harga hard maple, kayu ini bisa dijual hingga harga Rp 1.050.000,-.

Kayu Ek (Oak)

Untuk kayu oak, harganya berkisar dari Rp 850.000,- hingga Rp 1.050.000,- per meter persegi.

Kayu Walnut

Kayu walnut dengan ukuran 8×195×1215 mm/meter persegi dijual seharga kisaran Rp 245.000,-.

Referensi: https://www.sejasa.com/blog/daftar-harga-kayu-terbaru/

Daftar Harga Kayu, Jenis dan Kualitas Terbaru 2020
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *