Selamat Datang Ramadhan 2020 – 1441 Hijriyah

Posted on

Alhamdulillahirobbilalamin

Segala puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmatnya kita bisa bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Puasa 1 Ramadhan tahun ini, baik pihak Muhammadiyah dan NU (Nahdlatul ‘Ulama) menyepakati dimulai tanggal 24 April 2020 hingga 23 Mei 2020, genap 30 hari.

Ramadhan 1441 Hijriyah
Ramadhan 1441 Hijriyah

Doa Puasa dan Berbuka di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim

Doa Puasa

“Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.” Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Doa Berbuka

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin. Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka.

Semoga Ramadhan tahun ini, kita bisa lebih fokus dalam beribadah, meskipun dalam kondisi yang cukup memprihatinkan, di tengah wabah pandemik Corona. Kita juga berharap supaya wabah ini segera berakhir.

Selama masa pandemi ini,  kita wajib menjaga kesehatan diri dan keluarga. Tetaplah di rumah sesuai anjuran Pemerintah, jika memang harus keluar rumah jangan lupa gunakan masker dan bawalah Hand Sanitizer.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, bisa mengkonsumsi Vitamin C dan Madu, serta tidak lupa untuk berolahraga, cukup dengan jalan kaki keliling kampung atau kompleks perumahan 30 menit sampai 1 jam sudah membantu meningkatkan kekebalan tubuh (imun).

Ragam Makanan Penguat Kekebalan Tubuh

Berikut ini adalah ragam makanan sehat yang dapat membantu untuk meningkatkan imunitas:

  1. Brokoli
  2. Bayam
  3. Bawang putih
  4. Kunyit
  5. Buah-buahan
  6. Makanan laut
  7. Yoghurt

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Pola Hidup Sehat

Selain dengan makanan, penting juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan pola hidup sehat.

  1. Berolahraga secara teratur
  2. Mengelola stres
  3. Tertawa
  4. Berhenti merokok
  5. Istirahat yang cukup

Dampak Wabah Corona

Wabah Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 ini memang memberikan dampak yang sangat signifikan, terutama disektor Pariwisata, Perhotelan, Transportasi dan dampak berantai lainnya.

Banyak perusahaan yang terpaksa menutup usahanya karena mengalami kerugian yang cukup serius. Akibatnya PHK terjadi dimana-mana.

Kondisi seperti ini kita memang tidak bisa menyalakan siapapun. Kita sendiri yang harus sekuat tenaga untuk bisa bertahan. Melakukan penghematan terhadap pengeluaran yang tidak penting, sembari mencari usaha baru yang bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *